Pengurus BKM Al Muhajirin Medan Terbentuk

Editor: BinaMualaf.com author photo
Sebagian jamaah Masjid Al Muhajirin Komplek Perumahan Bumi Asri Medan mendengarkan penjelasan dari Ketua BKM terpili periode 2020-2022, Selasa (18/02/2020). Foto Ist
Medan- Komposisi kepengurusan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Muhajirin Kompleks Perumahan Bumi Asri di kawasan Jalan Asrama Medan periode 2020-2022, terbentuk. Ketua BKM terpilih, HM Za'im Madjid memperkenalkan para personel yang akan membantunya dalam menjalankan roda organisasi di Masjid itu, Selasa (18/02/2020) malam.

"Hari ini kita perkenalkan para pengurus BKM periode 2020-2022 yang merupakan perpaduan orang lama dan baru," ungkap Za'im Madjid di awal sambutannya.

Ia berharap, para pengurus terpilih mampu menjalankan amanah untuk memakmurkan Masjid kebanggaan warga Bumi Asri tersebut. Menurutnya, pada periode sebelumnya, rencana kerja membangun gedung Mualaf di bagian belakang Masjid telah terwujud. Hal itu berkat peran-aktif Ketua Serikat Tolong Menolong (STM) Bumi Asri, H Sunardiono dan rekan-rekan jamaah yang bekerja secara optimal.

"Peran penting juga dilakukan mitra pendamping BKM Al Muhajirin, yakni STM Al Muhajirin dan Pengajian Ibu-ibu Al Amin yang sangat aktif menggelar berbagai kegiatan keagamaan," sebutnya.

Selain itu, pembenahan Masjid juga telah dilakukan. Salah satunya, menambah bangunan bagian belakang Masjid agar bisa digunakan untuk belajar mengaji anak-anak setelah menunaikan Sholat Maghrib, dalam upaya mendukung Program "Maghrib Mengaji". Selain itu, perbaikan fasilitas kamar mandi dan tempat wudhu serta penambahan beberapa AC di bagian dalam Masjid juga telah dirampungkan, sehingga menambah kenyamanan jamaah saat beribadah.

Ke depan, kata Za'im Madjid, pihaknya mengusulkan pergantian seluruh pilar Masjid dengan memanfaatkan sisa anggaran pembangunan gedung Mualaf dan kas BKM.

"Kami lihat, pilar di bangunan baru bagian belakang Masjid ini mirip di Masjid Nabawi. Jadi, kalau disetujui, seluruh pilar Masjid kita ganti seperti itu," tuturnya yang segera disambut dengan teriakan setuju dari para jamaah. 

Za'im Madjid juga menjelaskan, program Masjid Binaan di Kabupaten Tanah Karo, pada periode lalu, tergolong sukses.

"Dari hanya membina dua Masjid di awal program kita, berkembang menjadi 12 Masjid. Itu berkat peran-aktif para jamaah, termasuk dalam memberikan zakat mal (harta, red), sehingga bisa disalurkan untuk misi dakwah ke Tanah Karo," paparnya lantas menambahkan, empat anak muda dari Kecamatan Tiganderket dan Payung telah menempuh pendidikan di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, dan dua diantaranya menerima beasiswa dari program Bidik Misi.

Ketua BKM Al Muhajirin, HM Za'im Madjid, didampingi Sekretaris, H Hairuddin, memperkenalkan komposisi kepengurusan periode 2020-2022. Foto Ist
Pihaknya mengimbau para jamaah menyatukan hati dan langkah untuk memakmurkan Masjid Al Muhajirin. Beberapa bulan terakhir, lanjutnya, lima sampai enam shaf telah dipenuhi jamaah saat menunaikan sholat Subuh.

"Ini semakin memperlihatkan ukhuwah Islamiyah telah terjalin erat di antara sesama warga muslim di Komplek Bumi Asri Medan," pujinya.

Ketua Dewan Penasihat BKM Al Muhajirin, H Abdul Malik Nasution, menyambut positif terbentuknya kepengurusan periode dua tahun ke depan. Ia yakin dan percaya, para pengurus bisa melanjutkan kesuksesan periode sebelumnya.

"Perkembangan Masjid Al MUhajirin luar biasa pesat sejak beberapa tahun terakhir. Saya berharap dukungan semua jamaah untuk semakin memakmurkan Masjid kita ini, mulai membangun, merawat dan mengisinya dengan beragam kegiatan keagamaan. Fey
 

Berikut Susunan Pengurus BKM Al MUhajirin Periode 2020-2022;
Penasihat: H Abdul Malik Nasution (Ketua), DR H Azhari Akmal Tarigan MA dan H Teuku Samsul Bahri (Penasihat Bidang Peribadatan/Dakwah), H Syahrial Arsyad dan H Abdul Mu'in Sibuea (Penasihat Bidang Organisasi/Sosial), H Syafruddin dan H Syafril (Penasihat Bidang Kerukunan Umat) serta H Harianto dan H Zainuddin Nasution (Penasihat Bidang Perencanaan dan Pendanaan).

Pengurus Harian: HM Za'im Madjid (Ketua), H Darwin Nasution (Wakil Ketua), H Hairuddin (Sekretaris), Ferry Wahyudi (Wakil Sekretaris) dibantu dua anggota, yakni Ary Gultom dan Amrizal, H Thamrin Chairuman (Bendahara), H Anis Syaputra (Wakil Bendahara) dibantu dua anggota H Yosef Montolalu dan Yusri Zamzami SHI.

Komposisi kepengurusan BKM juga dilengkapi Imam Masjid tetap dijabat Ustad yang juga seorang Hafidz, Zubeir Nasution SHI, Imam Pengganti merangkap Muazzin, Ustad Yusri Zamzami SHI dan Muazzin Pengganti, Amrizal serta Pramu-bakti, M Zain Nasution. Selain itu, sejumlah seksi melengkapi struktur kepengurusan ini, seperti;

Seksi Umum, Perlengkapan, Penataan dan Kebersihan: H Ahmad Basri Siregar (Ketua), H Tating Zulkarnaen (Wakil) dibantu sejumlah anggota, yakni H Zulfan Diari Z, Juanda Syahputra, H Abdul Rachman Harahap, Amrizal, Husni Thamrin, Yusri Zamzami dan Ari Wibowo.

Seksi Ketertiban dan Keamanan: H Sanusi Nurdin (Ketua), H Badlisyah (Wakil) dibantu sejumlah anggota, yakni Hermansyah, Amri Sembiring, H Marzal, Ari Gultom, Yusri Zamzami SHI, Amrizal dan M Zain Nasution.

Seksi Perencanaan dan Pengembangan Masjid: H Chalidin (Ketua), H Bambang Dermawan (Wakil) dibantu H Erleji Noer, H Surya Efendi Amin, H Zulfian Husni Harahap, H Muzakkir, H Rusli Hanafiah dan HT Irwan Thommy.

Seksi PHBI dan Pembinaan Remaja Masjid: Syamsurizal Bispo (Ketua), Yuki Arif Mikasa (Wakil) dibantu sejumlah anggota seperti H Taufiq Rizal Alaudin, Amrizal, M Isnaini Harahap, Tidaryanto, Erry Thomas, Yusri Zamzami, H Hardi Wijaya, Iqbal, H Anton Deven Varino dan Erdiansyah Lubis.

Seksi Penggalangan Dana: H Herry Pranoto (Ketua), H Ezra Abidin (Wakil) dibantu sejumlah anggota seperti H Indra Ginting, H Buchari, H Haposan Siregar, H Arfan Maksum Nasution, H Indrawan Nusa,H Zulkifli Tiloli, H Imral Syahwarsah, H Mahmud, H Himawan Samudra, H Sukri Husaini, Mhd Yusuf, H Miswar Achdar, H Rifa'i MR, H Ismed Rohaidi dan H Rinaldi Rangkuti.

Seksi Sosial dan Humas: Miftahul Abrar Irham (Ketua), H Sandri Harahap (Wakil) dibantu sejumlah anggota seperti H Machsin, Rusmanuddin, H Robert Surya Ginting, H Efendi Idris, Sariono Saputro, H Jaelani Rayeuk, H Taufiq Ritonga, H Rusdi Yunus, Tyas, H Sofyan Adami dan Ir H Washington Siregar. sumber Humas BKM Al Muhajirin

Share:
Komentar

Berita Terkini